DCIM100MEDIADJI_0053.JPG
PERINGATI HARI KOPERASI NASIONAL KE 75, PENJABAT BUPATI: KOPERASI HARUS LEBIH MAJU LAGI

Peringatan Hari Koperasi Nasional (HKN) ke 75 tanggal 12 Juli 2022 tingkat Kabupaten Flores Timur, dilaksanakan melalui sebuah apel bersama di halaman Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten Flores Timur, dipimpin langsung oleh Penjabat Bupati Flores Timur, Drs. Doris Alexander Rihi, M.Si., Selasa (12/07/2022).

Penjabat Bupati Flores Timur, Drs. Doris Alexander Rihi, M.Si., - Foto/Prokopim Flotim

HKN tahun ini sendiri mengangkat tema Transformasi Koperasi untuk Ekonomi yang Berkelanjutan, sementara itu di tingkat kabupaten Flores Timur, mengusung tema Dengan Berkoperasi Kita Tingkatkan Transformasi Ekonomi Masyarakat Flores Timur yang Sejahtera dan Berdaya Saing.

Apel peringatan HKN tingkat kabupaten ini dilaksanakan secara terbatas dan dihadiri oleh para ASN dan tenaga teknis pendukung perkantoran pada Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten Flores Timur.

Dalam sambutannya, Penjabat Bupati mengungkapkan bahwa peringatan HKN ini menjadi permenungan dan refleksi karena ada banyak hal yang telah dilakukan dalam membangun koperasi di Indonesia, khususnya di Kabupaten Flores Timur ini.

“Selain itu ada banyak tugas dan tanggungjawab yang sudah dilakukan, tetapi ada juga tantangan yang dihadapi yaitu dampak dari pandemi Covid-19, kesehatan dan keterbatasan dana, dan memikirkan bagaimana membangun koperasi ke depan untuk lebih maju lagi,” ungkapnya.

Di hadapan peserta apel, Penjabat Bupati lantas memberikan dorongan semangat bagi seluruh peserta apel. “Dalam melaksanakan pekerjan, lakukan sesuatu secara disiplin, senang hati, ketulusan dan loyalitas. Selain itu, dibutuhkan semangat kerja yang tinggi, inovasi dalam bekerja, kreatifitas dan interaksi personal yang baik dengan teman satu dengan yang lain, saling menghargai, toleransi dan saling menghormati,” pesannya.

Asisten Sekda Bidang Perekonomian dan Pembangunan, Drs. Petrus Pedo Maran, M.Si., Kepala Dinas Tenaga Kerja, Drs. Ramon Mandiri Piran, Kepala Dinas Komunikasi dan Infromatika, Heronimus Lamawuran/Herry, S.Sos., - Foto/Prokopim Flotim

Pada kesempatan yang sama, Penjabat Bupati pun mengapresiasi Kepala Dinas Koperasi dan UKM beserta jajarannya yang tetap bersatu dalam rumah koperasi dan berkomitmen untuk memajukan koperasi walaupun dalam kedaan terbatas.

“Ke depan, masih ada tugas tantangan yang akan dicapai bersama. Kita punya visi-misi koperasi yang belum tercapai oleh karena itu dengan keterbatasan, semangat kita tidak boleh suram dan pudar,” pintanya.

“Selamat merayakan Hari Koperasi Nasional ke 75, kiranya momentum peringatan HKN ini, kita mampu meresapi, merenung dan menguatkan diri kita untuk menghadapi tantangan ke depan,” tutup Doris Rihi.

Secara terpisah, Kepala Dinas Koperasi dan UKM, Ahcmad R. Duli, SE., mengungkapkan bahwa hingga bulan Juli 2022, di Flores Timur sendiri terdapat 184 koperasi dengan rincian; 83 koperasi aktif dan 102 koperasi tidak aktif.

Menurut Ahcmad Duli, ada tiga masalah besar dalam pengembangan koperasi di Flores Timur. “Pertama, keterbatasan tenaga pengelola gerakan koperasi yang memahami tentang perkoperasian; kedua, kurangnya sosialisasi, edukasi serta pendampingan yang menimbulkan rendahnya kesadaran masyarakat untuk berkoperasi, dan ketiga adalah keterbatasan sumber daya aparatur yang memiliki kompetensi dalam pembinaan, pengawasan koperasi serta minimnya dukungan dana,” jelasnya.

Hadir dalam apel peringatan HKN ini, Kepala Dinas Koperasi dan UKM, Ahcmad R. Duli, SE., Asisten Sekda Bidang Perekonomian dan Pembangunan, Drs. Petrus Pedo Maran, M.Si., Kepala Dinas Komunikasi dan Infromatika, Heronimus Lamawuran/Herry, S.Sos., Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan, Petrus Petara Aran, SP., Kepala Dinas Sosial, Anselmus Yohanes Maryanto, S.Sos., Kepala Dinas Tenaga Kerja, Drs. Ramon Mandiri Piran, Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian, Siprianus Sina Ritan, S,Sos., M.Si., Kabag Protokol dan Komunikasi Pimpinan Setda Flores Timur, Yohanes Ibi Hurint, S.Sos., M.Si., serta pejabat struktural dan fungsional pada Dinas Koperasi dan UKM.

Sumber: Prokopim Flotim

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Scroll to Top