Wakil Bupati Flotim Puji Toleransi Beragama Masyarakat Homihama

LARANTUKA – Potret kebersamaan umat Katolik dan Umat Muslim pada perayaaan Paskah Bersama Senin (17/4/2017) Honihama, Desa Tuwagoetoni Kecamatan Witihama menjadi viral di media sosial facebook.

Postingan pertama dilakukan oleh Ketua Agupena Flores Timur Maksi Masan Kian Senin (17/4/2017) dan mendapat respon positif begitu cepat nitizen. Postingan kedua Gokiel Kurman di grup suara Flores Timur hingga pukul 13.00 wita Selasa (18/4/2017) mendapat jempol suka 252, 36 komentar dan di-share lima kali. Pada foto-foto yang diposting Kurman tampak ibu-ibu berjilbab berbaris dan berjabat tangan dengan umat nasrani.

Bapak-bapak bahkan ada yang berpelukan satu sama lain. Sebagian berpose bersama di depan panggung. “Kutemukan ikon toleransi beragama di bukit Honihama,” demikian Maksi Kian menulis judul postingan di facebooknya.Paskah Bersama umat Katolik dan Umat Islam ini menjadi agenda tetap tahunan masyarakat.

Saat Idul Fitri, sebaliknya umat Katolik akan menyambangi rumah-rumah saudara mereka beragama Islam. Paskah bersama pada Senin (17/4/2017) dihadiri oleh wakil bupati Flotim terpilih Agustinus Payong Boli, tokoh masyarakat dan tokoh agama setempat. Kurang lebih 1.700 umat Katolik dan Islam, Tokoh Agama, tokoh adat, Tokoh Muda, anak sekolah menghadiri tradisi yang terlestari cukup baik itu.

Agus Boli kagum dengan warisan leluhur, dan terpelihara dengan baik oleh masyarakat Honihama Witihama Flotim.Nilai-nilai toleransi beragama yang dipelihara cukup baik itu, kata Agus Boli menjadi kebanggaan Flotim dan Indonesia umumnya.Agus Boli menegaskan setelah dilantik menjadi wakil bupati bersama bupati Antonius Gege Hadjon, keduanya akan serius menjaga nilai toleransi yang menjadi kekuatan lewo-lewo (kampung-kampung) di Flotim.
(Pos Kupang / Felix Janggu)
Sumber : Tribun News